Arduino menggunakan Atmega16

semenjak ada arduino jadi lupa sama si atmega16 dan semenjak itu atmega16 saya jarang di gunakan, karena saya agak susah mengembangkan menggunakan cvavr atau bascom, jadi beralih lah ke arduino, sempat berfikir apa bisa atmega16 menggunakan software arduino, dan ternyata memang bisa, seperti biasa banyak-banyak berterimakasih ke development arduino dkk,

sebelum lanjut persiapkan beberapa hal :

1. baca doa dulu "bismillah" :D
2. downloader usbasp
3. sismin atmega16/32
4. laptop/pc yang sudah terinstal software arduino

dalam hal ini saya menggunakan downloader usbasp, karena yang saya punya cuma downloader itu, dan saya belum mencoba dengan downloader lain, untuk downloader yang compatible dengan arduino lihat di software arduino di bagian Tools -> Programmer. dan catatan, dari yang saya baca cara yang akan dilakukan harus menggunakan arduino 1.6.4 atau versi keatasnya, dan saya menggunakan arduino 1.6.8, dan satu hal lagi, cara ini belum saya coba menggunakan usb serial untuk mengupload programnya layaknya arduino pada umumnya, dan dari beberapa sumber megatakan belum bisa di lakukan utntuk hal tersebut,
cara yang akan saya lakukan saya dapatkan dari dua sumber, yaitu openhardware dan adafruit, jadi nanti ada 2 versi board yang dapat digunakan

berikut adalah board yang saya gunakan, merupakan buatan sendiri, menggunakan usbasp dan atmega16 dengan crystal 16MHz


 hal pertama yang harus dilakukan adalah buka software arduino, dan klik File -> Preferences.


akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, pada bagian Additional Board Manager URLs ada tombol paling kanan, dan klik


setelah itu akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah



copy tulisan di bawah ini :
http://openhardware.ro/boards/package_openhardwarero_index.json
https://mcudude.github.io/MightyCore/package_MCUdude_MightyCore_index.json

dan paste kan di tampilan tersebut, lalu klik OK, dan klik OK lagi

setelah itu download boardnya, dengan cara  seperti gambar di bawah ini, Tools->Board->Board Manager.


tunggu beberapa saat dan akan muncul tampilan dan install boardnya


 Board yang di install : MightyCore by MCUdude dan AVR Boards by OpenHardware.Ro

setelah di instal cek boardnya apakah sudah ada atau belum


tidak hanya board atmega16, ada beberapa board yang dapat di gunakan.


dan yang terakhir, edit file :
...arduino-1.6.8\hardware\arduino\avr\cores\arduino\HardwareSerial.cpp

ganti pada bagian :
#if defined(__AVR_ATmega8__)
    config |= 0x80; // select UCSRC register (shared with UBRRH)
#endif

dengan :
#if defined(__AVR_ATmega8__) || defined(__AVR_ATmega32__) || defined(__AVR_ATmega16__)
    config |= 0x80; // select UCSRC register (shared with UBRRH)
#endif


dan untuk mengupload program dengan cara upload using programmer


berikut pin out

sekian tutorial kali ini, jangan lupa ucapkan "Alhamdulillah" :D

semoga bermanfaat bagi agan-agan yang ingin mencobanya,
semoga berhasil mencobanya..

*..sesama blogger harus saling menghargai, jika agan-agan ingin mengcopas harap cantumkan alamat urlnya, Terimakasih..*

referensi:
http://openhardware.ro/atmega-dip40-in-arduino-ide-1-6-4/
https://learn.adafruit.com/add-boards-arduino-v164/overview

Comments