PEMBUATAN MODEL PROSES SORTING BERDASARKAN WARNA DAN KETINGGIAN SECARA OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 2560

selamat datang sobat blogger, sudah lama saya tidak update blog karena beberapa faktor, salah satunya yaitu Tugas Akhir untuk D3 di PNJ. syukur alhamdulillah saya sudah menyelesaikan Tugas Akhir tersebut dan sudah di wisuda, untuk itu postingan kali ini seputar alat tugas akhir saya dan judul postingan ini merupakan judul yang saya dan teman saya gunakan waktu saya melakukan Tugas Akhir. pekerjaan dilakukan 2 orang, saya dan teman saya, saya di bagian pembuatan program (software) dan teman saya di bagian pembuatan alat (hardware).

spesifikasi dari alat diatas yaitu, arduino mega 2560, rtc ds3231, module sd card (micro sd), lcd karakter 20x4 dengan i2c, keypad matrix 4x4, sensor ultrasonik hc-sr04, sensor warna tcs3200, 6 buah sensor infrared, 3 buat silinder pneumatic beserta valve 5/2 single solenoid, motor dc 12v, 3 buah modul relay, driver motor l298, dan power supply 24v + dc stepdown lm2596.



cara kerjanya yaitu dapat di lihat pada video di bawah ini


alat tersebut dapat menyimpan data hasil pemilahan ke dalam memory micro sd, dan berikut contoh hasil dari data yang di simpan


nama file pada data logger diatas akan berubah-ubah sesuai pada tanggal dan jam mesin itu di jalankan, alat tersebut juga bisa di setting untuk nilai ketinggian dan warna (kalibrasi), namun pada video di atas tidak di lakukan dan masih ada kekurangan pada bagian kalibrasi yaitu memory yang di gunakan bukan eeprom, jadi pada saat kalibrasi dan alat tersebut di reset kembali, data yang sudah di kalibrasi akan kembali ke data awal sesuai program.

singkat cerita pengalaman saya dan teman saya pada saat sidang tugas akhir alat tersebut mengalami beberapa kendala saat pembacaan ketinggian dan warna, jadi beberapa benda kerja yang harusnya tersortir malah masuk ke tempat reject, pada saat itu jantung rasanya berdebar kencang, takut tidak lulus, namun saat itulah saya dan teman saya menggunakan jurus mengeles dan alhamdulillahnya dosen penguji mau menerima alasan kami. hehe.  so .. masih ada yang harus di perbaiki dari segi program, jika ingin di kembangkan kembali dan untuk budged yang di keluarkan, harap jangan tanya :D

yaaa itulah sedikit pengalaman saya dan teman saya waktu tugas akhir, mohon maaf jika ada kata-kata yang tidak berkenan dan terimakasih sudah berkunjung

jika ingin source code untuk alat di atas, subscribe channel youtube saya dan like videonya (https://youtu.be/0U10Jb9Nj_U), kirim screen shoot ke email ganyang.angkara@gmail.com dalam beberapa hari saya akan kirimkan source code arduinonya

semoga bermanfaat bagi agan-agan,
semoga berhasil mencobanya..

*..sesama blogger harus saling menghargai, jika agan-agan ingin mengcopas harap cantumkan alamat urlnya, Terimakasih..*